Sejarah

Dahulunya Desa Emparu Baru terdiri dari 3 kampung besar yaitu : Kampung Emparu, Kampung Pengan, dan Kampung Seranggas. Pada tahun 1982 ada program dari pemerintah orde baru yaitu program transmigrasi dimana lokasinya terdapat dipertengahan tiga kampung besar tersebut. Tempat atauĀ  lokasi tersebut disebut unit pemukiman transmigrasi yang diberi nama SKPG SP I. SKPG SP I pada masa itu merupakan pusat dari seluruh SKPG yang terdiri dari SP I sampai SP VIII.

Pada tahun 1992 dilaksanakan pemilihan kepala desa pertama di lokasi pemukiman transmigrasi tersebut yang terdiri dari Kampung Emparu, Kampung Pengan, Kampung Seranggas dan Unit Pemukiman Transmigrasi. Setelah dilakukanĀ  pemilihan kepala desa, nama desa tersebut disepakati dengan nama Desa Emparu Baru. Pada saat itu Desa emparu Baru terbagi menjadi empat dusun yaitu : Dusun Emparu yang dahulunya Kampung Emparu, Dusun Pengan yang dahulunya Kampung Pengan, Dusun Seranggas yang dahulunya Kampung Seranggas, dan Dusun Sidomukti yang dahulu merupakan lokasi pemukiman transmigran.

Dalam penamaannya Desa Emparu Baru berasal dari nama salah satu kampung yang terdekat dari lokasi pemukiman transmigrasi yaitu Kampung Emparu sehingga sampai saat ini disebut Desa Emparu Baru