RAKOR TAPAL BATAS DESA EMPARU BARU DENGAN DESA MEREMPIT, MENAONG, MANGAT, GEMBA RAYA, SEPAN LEBANG, SEI. PUKAT, BENGKUANG DAN LANDAU KODAM

Sejumlah kepala desa serta tokoh masyarakat Desa Emparu Baru, Mangat Baru, Menaong Baru, Merempit, Landau Kodam, Gemba Raya, Sepan Lebang, Sei. Pukat, Bengkuang dan Landau Kodam menghadiri rapat penyelesaian tata batas wilayah desa di balai desa Emparu Baru. Dalam rapat yang dipimpin kades Emparu Baru, setiap kepala desa dan tokoh masyarakat di minta secara bergantian diminta menjelaskan batas-batas wilayah desa masing-masing.


Meski rapat terlihat dengan suasana keakraban, namun sejumlah kepala desa saat mendapat giliran menyampaikan pendapatnya terungkap jika masalah klaim batas wilayah desa itu sampai saat ini masih banyak yang belum jelas. Seperti yang dituturkan Kepala Desa Emparu Baru, Samson, S.Sos. “Kalau batas wilayah Desa Emparu Baru dengan Desa Merempit, Menaong, Mangat, Gemba Raya, Bengkuang, Sepan Lebang dan Sei. Pukat sudah klir tidak ada masalah, tapi tapal batas desa kami dengan Desa Landau Kodam khususnya Dusun Engkaras Kecamatan Kelam Permai yang sampai sekarang belum jelas,” sebut Samson, S.Sos.


Sementara menurut Kades Landau Kodam, Romulus, S.Th juga mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui secara persis batas-batas desa di wilayahnya. “Karena itu terkait masalah tata batas ini ada persoalan sedikit. Terutama batas di Dusun Pengan Desa Emparu Baru dengan Dusun Engkaras Desa Landau Kodam, sejauh ini kita belum tahu,” katanya.


Sementara Camat Dedai Drs. Subendi, M.Si, dari hasil rapat ini nantinya akan ada gambaran batas-batas wilayah antardesa di wilayahnya sebagai data awal. Sedangkan untuk batas antarkecamatan yang mempunyai wewenangnya adalah pihak Pemerintahan Pemda Sintang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*