BIMTEK PENYUSUNAN PROFIL DESA

Suksesnya sebuah perencanaan pembangunan sangatlah tergantung pada akurat dan tidaknya sebuah data. Hal ini disadari betul oleh Kepala Desa Emparu Baru, Samson,S.Sos selaku yang berkaitan langsung hubungannya dengan pembangunan desa. Karenanya pada  29 Agustus 2019 menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa Emparu Baru.  Bimtek yang diikuti 24 orang peserta dari unsur 3 orang Kaur Desa dan 15 orang Ketua RT ini  antara lain membahas penataan data terkait dengan data dasar keluarga, potensi desa serta perkembangan desa.  Kepala Desa Emparu Baru, dalam sambutannya antara lain berpesan bahwa perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid. Profil desa sendiri haruslah dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan , potensi serta tigkat perkembangan desa. Karenanya kepada para peserta  diminta untuk memanfaatkan momen bimtek ini untuk menyerap ilmu yang diberikan para Narasumber dan Pelatih secara maksimal.


Dalam bimtek yang berlangsung selama 1 hari ini juga terungkap bahwa dari 15 Rukun Tetangga yang ada di Desa Emparu Baru telah terinput data profil desa sebanyak 650 DDK. Belum semua RT melakukan input data antara lain disebabkan oleh adanya masalah operator  yang menangani profil desa kesulitan untuk mengakses internet menjadi kendala tersendiri bagi terlaksananya penyusunan profil desa.


Ferry Yulianto, S.Pd selaku Kaur Umum Desa yang sekaligus sebagai Narasumber dalam bimtek ini mengatakan bahwa berdasarkan hasil jelajah di tiap-tiap Rukun Tetangga yang telah ia lakoni banyak sekali potensi-potensi yang belum terdata dan dikekola dengan baik, padahal potensi tersebut semestinya dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Lebih lanjut pria yang selalu semangat dan energik ini mengatakan bahwa ia dan Tim Desa akan membagi tugas ke Wilayah RT untuk bersama-sama Dengan Pemerintah Desa menggali segenap potensi yang ada serta merencanakan pengembangan potensi tersebut untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*