PELATIHAN BERSAMA POSYANDU DI EMPARU BARU

Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu Desa Merimpit, Desa Menaong dan Desa Emparu Baru dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu di Desa Merimpit, Desa Menaong dan Desa Emparu Baru Tahun 2018 sudah dilaksanakan, tepatnya tanggal 23-25 September 2018 di Balai Desa Emparu Baru, serta dibuka secara resmi oleh camat Dedai Bapak Subendi, M.Si. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Emparu Baru Bapak H. Achmadsyah., Ketua Pokja (Kelompok Kerja) Posyandu beserta anggota setiap Desa Menaong, Desa Merimpit dan Desa Emparu Baru selaku tuan rumah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, camat Dedai menjelaskan, Posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di sekitar Posyandu-nya masing-masing. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kabupaten Sintang, berupaya optimal meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan para Kader Posayandu di Kabupaten Sintang, melalui Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu. “Diharapkannya, para Kader Posyandu yang mengikuti pembinaan dan pelatihan, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Posyandu-nya masing-masing”, ucap Bapak Subendi, M.Si selaku camat Dedai.


Dijelaskan pula, upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, camat Dedai mengharapkan kepada semua pihak, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu-nya masing-masing. Selain itu Kepala Puskesmas Emparu Baru juga menjelaskan, “ada 3 tugas Posyandu yang menjadi mimpi besar yang harus diwujudkan oleh para Kader Posyandu khususnya di Kabupaten Sintang, yakni proses persalinan ditagani oleh tenaga kesehatan, semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), supaya menjadi budaya di masyarakat”, tutup Bapak H. Achmadsyah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*